Spray Foam Insulation untuk Peredam Panas dan Suara




Dewasa ini seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan bahan bangunan dan konstruksi semakin inovatif dan efisien. Salah satu produk bahan bangunan dan konstruksi yang perkembangannya memenuhi dua kriteria tersebut adalah insulasi peredam panas dan suara. Sekarang, hampir semua orang telah meninggalkan jenis insulasi peredam panas dan suara tradisional. Keputusan mereka tentulah sangat wajar karena biaya perawatan insulasi tradisional tidaklah semurah yang Anda bayangkan. Jadi, lebih baik Anda membeli produk baru yang berkualitas daripada mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan.

Sebelum Anda membeli insulasi peredam panas dan suara, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu kualitasnya. Nah, jika berbicara mengenai kualitas sebetulnya terdapat satu produk insulasi peredam panas dan suara yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Mengapa bisa demikian? Hal ini tentu saja karena produk peredam panas yang dimaksud berbahan polyurethane foam. Bahan ini tentu sangat cocok untuk meredam panas karena tidak perlu perawatan dan dapat bertahan antara 20-30 tahun. Selain itu, polyurethane foam juga jauh lebih efektif dibandingkan dengan peredam panas tradisional. Efektivitas ini dipengaruhi oleh struktur sell yang sangat rapat (93-95% closed cell) sehingga suhu/suara sulit menembus foam tersebut.

Pada dasarnya, bahan ini telah banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri dalam bentuk spray foam insulation. Misalnya: lemari es, termos, packaging, cold storage dsb. Akan tetapi karena manfaatnya yang sangat baik sebagai penyekat suhu, maka polyurethane foam mulai diaplikasikan ke dalam bidang konstruksi. Secara khusus, aplikasi bahan ini digunakan sebagai peredam suhu dan suara untuk sebuah ruangan. Dengan demikian, tidak mengherankan jika banyak orang termasuk Anda begitu berminat dan ingin mencoba produk ini.

Sebenarnya, apa spray foam insulation itu?

Produk ini merupakan bahan peredam panas paling efektif dan efisien karena pemakainnya hanya cukup disemprotkan pada bagian yang akan diinsulasi. Pemakaian produk ini tentu akan bermanfaat bagi Anda karena dapat meminimalisir cela pada ruangan yang berpotensi merambatkan panas. Selain itu, insulasi peredam panas dan suara juga dapat memberi Anda banyak manfaat lain. Diantaranya adalah proses pengerjaan lebih cepat, tidak berdebu dan berbau, anti rayap, ringan, tahan lama serta bergaransi.

Keempat manfaat ini tentu sangat solutif untuk mengatasi permasalahan klasik bagi Anda yang tinggal di daerah tropis. Seperti diketahui bahwa iklim di daerah tropis cenderung panas sehingga suhu ruangan pada bangunan pun ikut terpengaruh. Kondisi ini pun tentu akan membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas di dalam ruangan. Secara umum, panas yang merambat ke dalam ruangan Anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu cuaca yang terik, kesalahan dalam pemilihan material insulasi peredam dan kurangnya sirkulasi udara. Anda dapat mengatasi ketiga masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan spray foam insulation.

Mengapa Anda harus menggunakan produk ini?

·      Penggunaan produk ini cukup mudah, dimana Anda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian dinding, atap, tembok, lantai maupun beton yang diinginkan. Dengan demikian, bagian yang terkena cairan tersebut menjadi tanpa gap atau celah sekaligus berperan dalam menjaga temperatur ruangan.
·      Negara maju di Asia dan Eropa telah mengaplikasikan produk ini untuk bangunan mall, pabrik, dan hunian masyarakat dengan suhu yang berbeda.
·      Produk ini dapat diaplikasikan di ruangan indoor maupun outdoor karena memiliki kandungan thermal conductivity paling rendah dibandingkan bahan insulasi lainnya. Jadi, bahan ini lumayan efektif untuk meredam panas maupun suara.
·      Produk ini memiliki daya lekat yang amat baik dengan komponen metal, seng, kayu, beton, fiber glass dll. Kemudian, produk ini juga sangat ringan, yaitu kurang lebih 1,2 kg/m2 sehingga tidak membebani struktur bangunan.
·      Penggunaan produk ini dapat menjangkau posisi atau sudut bangunan yang sulit sekalipun. Jadi, apabila menggunakan produk ini artinya potensi merembesnya panas melalui celah bangunan dapat lebih Anda minimalisir.
·      Produk ini dapat mengurangi rambatan suara melalui atap, lantai dan dinding sehingga cocok digunakan sebagai peredam suara pada rumah tinggal Anda.
·      Foam insulation ini dapat menjaga kelembaban bangunan milik Anda dengan menurunkan potensi bertumbuhnya jamur dan membusuknya komponen kayu.
·      Ketika Anda menggunakan foam insulation untuk bangunan yang dimiliki. Itu artinya Anda telah melakukan penghematan biaya pengeluaran listrik.
·      Terakhir, foam insulation yang satu ini kualitasnya jelas lebih baik dibandingkan produk tradisional dengan persentase perbandingan sekitar 50%.

Selain tiga permasalahan klasik di atas, sebenarnya terdapat satu permasalahan lagi yang mungkin kerap Anda alami. Permasalahan tersebut adalah hilangnya kesejukan rumah akibat hambatan hawa panas matahari melalui atap, dinding, jendela maupun pintu meski Anda telah menggunakan AC. Lalu, apa solusi yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini? Jawabannya tentu saja dengan menggunakan produk spray foam insulation agar hawa panas dari luar dapat diredam dengan maksimal, sebaliknya kesejukan dalam ruangan sebisa mungkin ditahan.

Nah, apabila mencermati beberapa alasan di atas mungkin inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk segera beralih. Maksudnya adalah segera mengalihkan penggunaan spray foam insulation tradisional menuju ke produk baru yang lebih inovatif, efektif dan efisien. Jadi, Anda pun dapat merasakan berbagai manfaat produk ini sebagai peredam panas dan suara sehingga bangunan yang dimiliki semakin nyaman untuk disinggahi.

Belum ada Komentar untuk "Spray Foam Insulation untuk Peredam Panas dan Suara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel