Pengertian, Perencanaan sebuah bangunan

Pengertian, Perencanaan dan syarat sebuah bangunan


Bagi anda yang belum memahami apa itu bangunan, bagaimana perencanaannya dan syarat apa saja yag dibutuhkan dalam sebuah bangunan, maka artikel ini akan membahasnya lebih lanjut.

A. Pengertian Bangunan

Bangunan adalah merupakan perpaduan beberapa dari beberapa bahan dan konstruksi sehingga dapat berfungsi sesuai dengan yang direncanakan. Bangunan (khususnya rumah tempat tinggal) berfungsi untuk melindungi dan menjaga penghuninya dari segala macam bahaya dan kondisi (keadaan alam) yang tidak menyenangkan.

Dari dulu hingga sekarang fungsi bangunan berkembang terus sesuai dengan keadaan dan kebutuhan manusia, demikian juga dengan bahan dan konstruksi bangunan. Perkembangan jenis bahan dan konstruksi bangunan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perencanaan suatu gambar bangunan juga berkembangan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perencanaan suatu bangunan dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan alat-alat gambar (pensil, mistar, dll) dan menggambar pada kertas gambar, hingga saat ini sudah menggunakan komputer dalam merencanakan bangunan. Banyak program computer yang dapat digunakan untuk menggambar suatu bangunan, diantaranya Softwarw Autocad.

Baca juga : Syarat Dan Cara Menggambar Bangunan Gedung

B. Perencanaan Bangunan

Perencanaan suatu bangunan secara keseluruhan merupakan suatu pekerjaan yang memerlukan pengetahuan dan pengalaman. Pada akhir modul ini, mahasiswa dituntut agar dapat merancang suatu bangunan tempat tinggal berdasarkan bekal dan pengetahuan yang didapatnya.

Bangunan atau perumahan merupakan kebutuhan pokok (esensial) bagi penduduk, baik kebutuhan perorangan maupun keluarga. Rumah mempunyai fungsi yang berkembang terus sejalan dengan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu.

Pada zaman dahulu rumah hanya digunakan sebagai tempat berteduh dari perubahan cuaca alam, seperti berteduh dari hujan dan panas sinar matahari.Fungsi tersebut terus berkembang, sehingga rumah selain tempat berteduh juga sebagai tempat melakukan aktifitas sehari-hari seperti untuk istirahat, memasak dan makan, berkumpul dengan keluarga dan lain-lain.

Pada saat ini rumah juga sudah digunakan sebagai tempat mencari nafkah, seperti berjualan, kantor dan lain-lain.

Dalam perencanaan suatu bangunan secara keseluruhan, kita terlebih dahulu mengetahui beberapa aspek seperti : luas tanah, luas bangunan, letak bangunan, jumlah kamar, jumlah penghuni dan lain-lain. Berdasarkan data-data pendukung tersebut dilakukan perencangan dengan memperhatikan sifat dan perhitungan dari setiap konstruksi, dengan mengembangkan imajinasi agar bangunan tersebut menjadi asri, sehat dan nyaman.

Pembangunan perumahan merupakan hal yang rumit dan melibatkan banyak aspek, yaitu motivasi yang melatar belakangi pembangunan perumahan, penggunaan lahan, ekonomi, budaya masyarakat.

Dalam perencanaan pembangunan perumahan pada suatu wilayah, harus mempertimbangkan beberapa persyaratan lokasi yaitu :
1. Kemiringan lereng idealnya lokasi yaitu antara 0 – 8%, dan tidak menggunakan daerah yang cekung, lembah dan genangan air.
2. Kemudahan pergerakan (aksesibilitas) dari kawasan perumahan ke tempat kerja, sekolah, kawasan perdagangan dan pusat-pusat kegiatan lainnya.
3. Ruang terbuka yang cukup.
4. Pengaturan lingkungan disesuaikan dengan penyediaan fasilitas/sarana pemukiman.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Perencanaan sebuah bangunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel