Pengertian dan Macam Macam Pondasi Bangunan

Pengertian dan Macam Macam Pondasi Bangunan

Macam Macam Pondasi Bangunan

A. Pendahuluan

Dalam era pembangunan sekarang ini, teknologi semakin berkembang pesat. Salah satu hasil teknologi yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sahari hari adalah teknologi dibidang teknik sipil, khususnya bidang bangunan gedung. Hal ini dapat kita perhatikan banyaknya pembangunan perumahan/gedung, baik di daerah pedesaan maupun di daerah perkotaan.

Salah satu konstruksi suatu bangunan yang sangat penting adalah konstruksi pondasi. Konstruksi pondasi ini perlu direncanakan dengan matang, agar fungsi dari bangunan tersebut dapat terpenuhi.

Dilapangan sangat banyak kita jumpai macam-macam atau jenis pondasi bangunan seperti pondasi batu kali, pondasi batu bata, dan pondasi beton/beton bertulang, serta pondasi-pondasi lainnya. Pada sub pokok bahasan ini akan diuraikan secara ringkas dan umum tentang berbagai macam pondasi bangunan dan dinding penahan tanah.

Baca juga : Sistem Pondasi Tiang Pancang

B. Pondasi Bangunan

Pondasi bangunan adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan, yang berfungsi sebagai ”penahan seluruh beban ( hidup dan mati ) yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar. Pada pondasi tidak boleh terjadi penurunan pondasi setempat ataupun penurunan pondasi merata melebihi dari batas – batas tertentu.

Pondasi bangunan adalah struktur bagian bawah bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah atau bagian bawah bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah yang memiliki fungsi memikul beban bangunan lainnya di atasnya. Pondasi bangunan harus diperhitungkan untuk dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap beratnya sendiri, beban-beban bangunan (beban isi bangunan), gaya-gaya luar seperti : tekanan angin, gempa bumi dan lain-lain.

Pondasi adalah komponen/konstruksi suatu bangunan yang terletak paling bawah dari suatu bangunan, yang befungsi untuk menyalurkan seluruh bebanbeban yang diterimanya ke tanah dasar tempat berpijaknya bangunan tersebut.

Dalam pemilihan jenis/macam pondasi yang digunakan pada suatu bangunan, hendaknya didasarkan pada penyelidikan/pemeriksaan jenis dan daya dukung tanahnya. Untuk mengetahui daya dukung tanah tempat berdirinya bangunan, dapat dilakukan melalui penyelidikan tanah seperti melakukan pemboran (sondir), atau dengan cara sederhana saja.

Hal ini tergantung dari bangunan yang akan didirikan. Bila bangunan sederhana (tidak bertingkat), cukup dengan mengopservasi lingkungan sekitarnya. Tapi bila bangunan cukup besar (bertingkat) hendaknya dilakukan dengan pemeriksaan day dukung tanahnya.

Pondasi sebagai konstruksi paling bawah dari suatu bangunan, mempunyai syarat-syarat teknis yaitu:
1) Pondasi harus kuat untuk mencegah/menghindarkan timbulnya patah dan bergeser yang disebabkan muatan tegek.
2) Pondasi dapat menyesuaikan kemungkinan terjadinya gerakan-gerakan tanah, seperti tanah mengembang, menyusut, tidak stabil serta adanya gaya mendatar dalam tanah dari peristiwa gempa bumi.
3) Pondasi dapat menahan gangguan dari unsure-unsur kimiawi dalm tanah, baik yang berupa organik maupun anorganik.
4) Pondasi dapat menahan gerakkan air yang mungkin terjadi. Untuk itu, sebelum pondasi bangunan ditetapkan terlebih dahulu dilakukan
penyelidikan tanah yang meliputi jenis/susunan lapisan tanah dan daya dukung tanah.

Baca juga : Cara mengukur Pondasi Tiang pancang

Maksud dari penyelidikan tanah ini yaitu :
a. Memilih atau menentukan jenis dan kedalaman pondasi.
b. Menentukan kapasitas daya dukung tanah dari pondasi
c. Menentukan/memperkirakan “settlemenn” dari pondasi.
d. Menentukan muka air tanah.
e. Menentukan nilai (evaluation) dari tekanan tanah dari dinding bangunan
f. Mencegah kesulitan-kesulitan konstruksi.

Cara / metode penyelidikan tanah dapat dilakukan, dengan berbagai cara diantaranya yaitu:
 Menggali sumur-sumur
 Besi percobaan (sondir)
 Pengeboran tanah
 Pengeboran dengan tangan
 Pengeboran dengan mesin

Umumnya bagi bangunan sederhana, tidak susah untuk menentukan jenis dan pondasi yang digunakan. Tetapi untuk bangunan bertingkat (besar) perlu perencanaan yang tepat dalam memilih jenis dan ukuran pondasi yang digunakan.

C. Macam Pondasi Bangunan

Pada umumnya pondasi dapat dibedakan atas dua macam yaitu pondasi langsung dan pondasi tidak langsung. Pembagian pondasi ini dibedakan atas dasar pondasi menerima beban dan menyalurkannya ketanah tempat berpijaknya bangunan. Pondasi dapat dibedakan atas bahan yang digunakan yaitu :
 Pondasi batu bata
 Pondasi batu kali
 Pondasi beton
 Pondasi beton bertulang
 Pondasi dati tiang pancang (tidak langsung)
 Pondasi Gabungan (dari beberapa bahan pondasi)

Kemudian bila dipandang dari kedalaman pondasi dari muka tanah/muka lantai bangunan, maka pondasi dapat dibedakan atas :
a. Pondasi dangkal (< 1,5 meter)
b. Pondasi sedang (1,5 s/d 4 meter)
c. Pondasi dalam > 4 meter

Pondasi dangkal digunakan bilamana bangunan yang berada di atasnya tidak terlalu besar, seperti rumah sederhana. Pondasi dangkal ini juga biasa dipergunakan untuk bangunan umum lainnya yang berada di atas tanah yang keras.

Bentuk-bentuk pondasi yang termasuk dalam golongan pondasi dangkal ini adalah pondasi batu kali setempat, pondasi lajur batu kali, pondasi tapak atau pelat
setempat (beton), pondasi lajur beton, pondasi strauspile dan pondasi tiang pancang kayu.

Sedangkan pondasi dalam adalah merupakan pondasi yang dipergunakan pada bangunan yang berdiri di atas tanah yang lembek. Pondasi ini juga dipakai pada bangunan dengan bentangan yang cukup lebar (jarak antar kolom 6 m), serta dipakai juga pada bangunan-bangunan bertingkat. Yang termasuk dalam golongan pondasi dalam ini adalah : pondasi tiang pancang (beton, besi, pipa baja), pondasi sumuran, pondasi borpile dan lain-lain.

Lebih lanjut, pondasi juga dapat dibedakan atas bahan dan bentuk konstruksinya yaitu:

a. Pondasi batu bata

Pondasi batu bata adalah pondasi suatu bangunan yang bahannya terbuat dari batu bata. Pondasi ini yang diaplikasikan untuk menopang berat beban pada bangunan. Namun, pondasi bata tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Akan tetapi, pondasi ini tetap digunakanuntuk menahan beban ringan, misalnya pada teras.

Pondasi batu bata

b. Pondasi batu kali

Pondasi batu kali sering kita temuin pada bangunan – bangunan rumah tinggal. Pondasi ini masih digunakan, karena selain kuat, pondasi ini pun masih termasuk murah. Bentuknya yang trapesium dengan ukuran tinggi 60 – 80 cm, lebar pondasi bawah 60 – 80 cm dan lebar pondasi atas 25 –
30 cm.

Bahan lain yang murah sebagai alternatif pengganti pondasi batu kali adalah memanfaatkan bongkaran bekas pondasi tiang pancang (bore pile) atau beton bongkaran jalan. Bekas bongkaran tersebut cukup kuat digunakan untuk pondasi, sebab mutu beton yang digunakan ialah K-250
 /d K-300. Permukaannya yang tajam dan kasar mampu mengikat adukukan semen dan pasir. Bila dibandingkan dengan pondasi bata, tentu bongkaran bekas beton jauh lebih kuat. Ukurannya rata – rata 30 x 30 cm

Pondasi batu kali


c. Pondasi setempat

Pondasi setempat yaitu pondasi bangunan yang dibuat hanya pada titiktitik tertentu (terdapat kolom). Pondasi setempat ini pada umumnya terbuat dari beton atau beton bertulang.



Pondasi Setempat



d. Pondasi sumuran

Pondasi sumuran atau cyclop beton menggunakan beton berdiameter 60 – 80 cm dengan kedalaman 1 – 2 meter. Di dalamnya dicor beton yang kemudian dicampur dengan batu kali dan sedikit pembesian dibagian atasnya. Pondasi ini kurang populer sebab banyak kekurangannya, di
antaranya boros adukan beton dan untuk ukuran sloof haruslah besar. Hal tersebut membuat pondasi ini kurang diminati.

Pondasi sumuran


e. Pondasi melajur

Pondasi plat beton lajur sangat kuat, sebab seluruhnya terdiri dari beton bertulang dan harganya lebih murah dibandingkan dengan pondasi batu kali. Ukuran lebar pondasi lajur ini sama dengan lebar bawah dari pondasi batu kali, yaitu 70 cm. Fungsi pondasi plat beton lajur adalah pengganti pondasi batu kali.

Pondasi Melajur


f. Pondasi tiang pancang

Pondasi bor mini atau strauss pile ini digunakan pada kondisi tanah yang jelek, seperti bekas empang atau rawa yang lapisan tanah kerasnya berada jauh dari permukaan tanah. Pondasi ini bisa digunakan untuk rumah tinggal sederhna atau bangunan dua lantai. Kedalamannya 2 – 5 meter. Ukuran diameter pondasi mulai dari 20, 30 dan 40 Cm. Pengerjaannya dengan mesin bor atau secara manual. Di atas pondasi bor mini ada blok beton (pile cap). Pile cap ini merupakan media untuk mengikat kolom dengan sloof.

Pondasi dalam adalah pondasi yang kedalamannya lebih dari 4 meter dan biasa digunakan pada bangunan – bangunan bertingkat. Sebelum memasang bore pile, permukaan tanah dibor terlebih dahulu dengan menggunakan mesin bor. Hingga menemukan daya dukung tanah yang sangat kuat untuk menopang pondasi. Setelah itu tulang besi dimasukan kedalam permukaaan tanah yang telah dibor, kemudian dicor dengan beton. Pondasi ini berdiameter 20 cm keatas. Dan biasanya pondasi ini terdiri dari 2 atau lebih yang diatasnya terdapat pile cap.

Pondasi Pile Cap


Tiang pancang pada dasarnya sama dengan bore pile, hanya sja yang membedakan bahan dasarnya. Tiang pancang menggunakan beton jadi yang langsung ditancapkan langsung ketanah dengan menggunakan mesin pemancang. Karena ujung tiang pancang lancip menyerupai paku, oleh karena itu tiang pancang tidak memerlukan proses pengeboran.

 Pondasi Tiang Pancang



g. Pondasi sarang laba-laba

Pondasi sistem kontruksi sarang laba-laba merupakan pondasi bawah konvensional yang kokoh dan ekonomis,dimana sistem ini adalah kombinasi antara siatem pondasi plat beton pipih menerus dengan sistem perbaikan tanah,kombinasi ini berakibat adanya kerjasama timbal balik saling menguntungkan.

Sistem pondasi ini memiliki kekakuan(rigidity) jauh lebih tinggi/baik dan bersifat monolit bila dibandingkan dengan sistem pondasi dangkal lainnya.Karena plat konstruksi pada sarang laba-laba dapat bekerja dengan baik terhadap beban-beban vertikal kolom, bila ditinjau dari perbandingan penurunan dan pola keruntuhan.

Rib juga berfungsi sebagai penyebar tegangan atau gaya yang bekerja pada kolom.dimana pasir,tanah sebagai pengisi dipadatkan dan berfungsi untuk menjepit ribrib konstruksi terhadap lipatan dan puntir.Dengan memanfaatkan tanah hingga mampu berfungsi sebagai struktur dengan komposisi sekitar 85% tanah dan 15 %beton,maka sistem ini dari segi biaya lebih murah dari sistem pondasi lainnya.

Oleh karena itu pondasi sistem konstruksi sarang laba-laba akan menjadi suatu sistem struktur bawah yang sangat kaku dan kokoh serta aman terhadap penurunan dan gempa.

Sistem ini dalam pelaksanaannya memerlukan waktu relatif singkat serta tidak memerlukan keahlian tinggi dan pengembanganya dapat dilaksanakan dengan precast/ pracetak.

Fungsi konstruksi sarang laba-laba sangat cocok untuk pondasi bangunan bertingkat dua sampai sepuluh lantai, gedung kelas satu, container yard/terminal peti kemas, menara transmisi tegangan tinggi, menara/tugu, kolam renang, tangki-tangki minyak, jalan kelas satu, konstruksi landasan pesawat udara/runway,apron dan pondasi open storage.

Pondasi Sarang Laba-laba


Pondasi suatu bangunan berfungsi untuk menyalurkan semua beban-beban yang dipikulnya ke tanah dasar bangunan. Untuk bangunan yang cukup berat (bertingkat), pondasinya harus mencapai dasar tanah yang cukup kuat untuk menahannya.

Untuk tujuan ini, perlu dilakukan suatu penyelidikan tanah, guna menentukan lapisan tanah padat dengan daya dukung yang cukup besar, sehingga menjamin kekokohan landasar pondasi bangunan.

Pondasi bangunan harus diperhitungkan dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat sendiri, beban-beban berguna dan beban luar, seperti tekanan angin, gempa bumi dan lain-lain. Pondasi bangunan juga tidak boleh terjadi penurunan, baik penurunan setempat maupun penurunan merata yang melebihi batas-batas tertentu.

Penurunan Maksimum Suatu Pondasi bangunan

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Macam Macam Pondasi Bangunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel