Kelebihan Dan Kekurangan Tiang Pancang Sistem Hidrolik (Hydraulick Jack In)

Tiang Pancang Sistem Hidrolik (Hydraulick Jack In)

Tiang Pancang Sistem Hidrolik  (Hydraulick Jack In)

Hidrolik sistem adalah suatu metode pemancangan pondasi tiang dengan menggunakan mekanisme hydraulic jacking foundation system, dimana sistem ini telah mendapatkan hak paten dari United States, United Kingdom, China dan New Zealand.

Sistem ini terdiri dari suatu hydraulic ram yang ditempatkan pararel dengan tiang yang akan dipancang, dimana untuk menekan tiang tersebut ditempatkan sebuah mekanisme berupa plat penekan yang berada pada puncak tiang dan juga ditempatkan sebuah mekanisme pemegang (grip) tiang, kemudian tiang ditekan ke dalam tanah.

Dengan sistem ini tiang akan tertekan secara kontiniu ke dalam tanah, tanpa suara, tanpa
pukulan dan tanpa getaran. Penempatan sistem penekan hydraulic yang senyawa dan menjepit pada dua sisi tiang menyebabkan didapatkannya posisi titik pancang yang cukup presisi dan akurat.

Ukuran diameter piston mesin hydraulic jack tergantung dengan besar kapasitas daya dukung mesin tersebut. Sebagai pembebanan, ditempatkan balok – balok beton atau platplat besi pada dua sisi bantalan alat yang pembebanannya disesuaikan dengan muatan yang dibutuhkan tiang.

Keunggulannya tiang pancang metode hydraulic jack in:


  1. Bebas getaran
  2. Bebas pengotoran lokasi kerja dan udara serta bebas dari kebisingan
  3.  Daya dukung aktual pertiang diketahui. Dengan hydraulic jack in, daya dukung setiap tiang dapat diketahui dan dimonitor langsung dari manometer yang dipasang pada peralatan hydraulic jacking system sepanjang proses pemancangan berlangsung.
  4. Harga yang ekonomi. Teknologi hydraulic jacking ini tidak memerlukan pemasangan tulangan ekstra penahan impack pada kepala tiang seperti pada tiang pancang umumnya.
  5. Lokasi kerja yang terbatas. Dengan tinggi alat yang relatif rendah, hydraulic jacking system ini dapat digunakan pada basement, ground floor atau lokasi kerja yang terbatas, Alat hydraulic jacking system ini dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen sehingga memudahkan untuk dapat dibawa masuk atau keluar lokasi kerja.


Kekurangan tiang pancang metode hydraulic jack in:


  1. Apabila terdapat batu atau lapisan tanah keras yang tipis pada ujung tiang yang ditekan, maka mengakibatkan kesalahan pada saat pemancangan.
  2. Sulitnya mobilisasi alat pada daerah lunak ataupun pada daerah berlumpur.
  3. Karena hydraulic jacking ini mempunyai berat sekitar 360 ton dan saat permukaan tanah yang berbeda daya dukungnya, maka hal tersebut akan dapat mengakibatkan posisi alat pancang menjadi miring bahkan tumbang, sehingga sangat berbahaya terhadap keselamatan pekerja.
  4. Pergerakan alat hydraulic jacking ini sedikit lambat, proses pemindahannya relatif lama untuk pemancangan titik yang berjauhan.


Dari kelebihan dan kekurangan yang ada, metode pancang hidrolik dipilih untuk proyek pembangunan gedung KCU BCA yang bertempat di Jl. Baypass Sunset Road mengingat daerah tersebut termasuk daerah yang padat dan lahan terbatas.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Tiang Pancang Sistem Hidrolik (Hydraulick Jack In)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel